Sabtu, 29 Juni 2013

moment kecil di sekolahku 1

ini bu asih..satu satunya pengajar bahasa arab kelas 10


ini saya dan wildan, menerima sebuah penghargaan

saya lagi ngemut cocard dan teman saya wildan yang lumayan cakep di foto ini. tapi dikenyataannya KAGAAKKKKK

mas yadi sama akyuhhhhh :D didepan lab fisika

pak arief pengajar bahasa indonesia yang genius
iki guru sing meragukan, namanya bapak ngadimin. ada kata min kan.... pasti tau deh maksud saya

guru paling cool bro... achsan safurianto

pak budi... masih jomblo loh setau saya

piala pertama saya dan teman teman di kelas 10 D... saya mantan ketua kelas terus ngundurin diri jadi wakil ketua loh
lapangan upacara SMAN1G

salah satu hasil karya saya dalam pelajaran ketrampilan

lorong kelas XI yang menyejukkan

kalo ulangannya setengah setengah, ya begini. setengah ulangan. sisanya keluar kelas sambil belajar


Kamis, 20 Juni 2013

Good Bye SMA, welcome UNIVERSITAS

Tak terasa sudah 3 tahun sudah aku mengalami masa SMA yang hanya bisa di nikmati pada umur 14-18 tahun kalo normal otaknya J. Dalam masa itu ada banyak peristiwa peristiwa penting yang lebih penting dari pada peristiwa penting. Bingungkan? Sama...
SMA banyak menyimpan kisah roman, kisah sedih, kisah senang. Semua orang pasti akan setuju dengan statementku itu. Dan kisah kisah itu menghasilkan tangis, tawa, galau, dan lain sebagainya. Hal yang membuat kcewa sewaktu SMA adalah tidak mendengarkan guru sedang menerangkan peljaran, tapi yang paling kecewa adalah jikalau tidak bercanda dengan teman, gojegan dengan teman dan tertawa lepas tanpa beban dengan teman.
Dimulai dari kelas 10 yang baru mengetahui lingkungan SMA, seragam baru, teman baru, guru baru dan suasana baru. Dan kalo yang cewek waktu SMP gak berhijab, SMA-nya berhijab atau bahkan sebaliknya. Dan juga waktu SMP biasanya naik sepeda ontel/ di antar jemput pak.e mbok.e sekarang ngepit motor dewe. Duh...duh! gayane...
Di masa ini bisa dibilang unyu unyu nya SMA karena pikiran masih lepas, belum ada beban apalagi mikirin masa depan. Yang dipikir cuman bagaimana caranya dapet pacar? Ya kan..?? hahaha J.
     Kedua, masa kelas 11. Cieee...selamat yang masuk jurusan IPA dan selamat pula yang masuk jurusan IPS. Cie sekarang punya kelas baru yang di atas pintu kelas terpampang tulisan XI IPA/S 1,2,3 atau 4. Cie sekarang juga punya temen baru lagi yang kelas 10-nya beda kelas atau mungkin pacarnya juga baru? Karna pedekatenya udah 1 tahun. . .
 Di masa ini biasanya udah mulai gali, ndugal, godain adik kelas yang lagi ke kantin/masjid, njaplaknya sering. Sekarang model njaplak gak pake kertas kecil atau LKS yang d fotocopy perkecil, tapi sekarang canggih bro. Materi d foto pake hape, dan japlaknya juga pake hape!! Biasanya satu bangku kerjasama, satunya liat hape dan satunya liat guru. Bahaya kan kalo ketangkep
                Next, kelas 12. Selamat yang naik ke kelas 12. Seharusnya d masa ini adalah masa dimana kita harus fokus ke UN dan ujian lainnya. Tapi masa ini yang paling kacau, galinya max, ndugalnya max, mbelingnya max, biasa cah nom og. Di masa ini peristiwa penting lebih banyak dari pada kelas 10 dan 11. Entah kenapa? Mungkin supaya ada bahan obrolan kalau kita reuni setelah lulus SMA :D. Okee........... kelas 12 maha sibuknya apalagi kalau sudah menginjak bulan februari, uh!! Ra ono leren.e pokoke. Bangun pagi les jam ke 0 untuk UN, pulangnya jam 4 sore. Belum lagi yang ikut bimbel, bisa bisa nyampe rumah isya’. Sampai rumah masih banyak tugas yang maha banyaknya. Itupun masih diselingi mikir’’ buat jurusan apa yang akan d ambil d univ. Bolak balik ke warnet bolak balik ke BK cuman buat nyari info PTN/PTS/PTK. Alhamdulllah bulan februari udah gak ada. Sekarang maret!!! Belajarnya lebih intensif...banyak tryout tryout dari sekolah ataupun bimbel untuk memantapkan UN. Tapi bukannya hasil tryout munggah malah medun medun medun, ono sing bijine 4, 3, loro setengah, loro (ora tegel ak nek tak tulis angka, dadine huruf wae). Yowes ben TO elek penting UN apik. Aamiiiin. Yessss....maret wes ilang garek april iki. APRIL menjadi momok yang sangat luar biadaabb, biasa wooey..biasa!!! april ada 3 event yang harus d laksanakn dan itu we a wa je i jib = wajib, inggih menika UP,US,UN. Dimulai dari UP ujian praktek, nah mesti iki do gembredek golek bahan’’ sing dinggo praktik. Mending tau praktek ning lab, nah sing ra tau praktek??? Koyo fisika, praktek pisan kui wae mung nyemplungne endog ning banyu uyah. Hla sing d praktekne???? Kisi difraksi,pegas, kaca plan paralel, percepatan gravitasi, pipa U, lensa cembung, lan hukum ohm. Hla rak yo bingung arep pie to?? Woalah pak pak, utek.e muridmu arep jebol ngrasakne ujian praktekmu. Nek UP bio karo kimia mending lah gampang gampang gari bejone. Pas UP kui gak mikir kalo bentar lagi UN. Nek bahasa jawanya, porah UN ra tak gagas.. terus US. Ujian sekolah yo koyo biasane test. Njaplak? Pasti. Pake hape? Iya sayang...apalagi kalo pas bahasa jawa suruh nulis tembung macapat, kecepatan internet dan paketan internet sangat berperan penting untuk njaplak. Hahahah J J. Teng..teng..tong..teng. UN dalam hitungan hari..jam..menit..detik. transaksi buat beli kunci jawaban telah dimulai. 50 ewu yo? Duit keluar dompet. Dan hari H tiba. 1-2 jam sebelum masuk ruangan, si pembeli kunci sudah berkumpul di tempat tertentu. *masuk ruangan, tangan gemeter, jantung deg deg.an. selama 4 hari UN pun selalu begitu dan anehnya 4 hari itu lama cekaliww... terus ak takon sing tuku kunci,
Aku: pie kuncine tembus?
Tersangka: ora eg cil
Pesan moral: buat adek’’, MTPP juga ya. jangan terpengaruh, jangan percaya yang namnya kunci. Itu 100% menjerumskan. Percayalah sama kakak kelasmu ini. Ra nganggo kunci lulus lulus!! haha
Dan selama pasca UN itu hari” berputar semakin cepat..sangat cepat karena menjadi pengangguran, males malesan. Padal males malesan pasca UN itu salh besar, isih ono tes masuk PTN/PTK sing jenenge SNMPTN/SBMPTN/UM/SPMB. Itu 5x lipat susahnya dengan UN.
Saatnya perpisahan kawan J sebentar lagi kita tak bisa berkumpul d kelas buat bercanda, pelajaran.
               Sudahlah, ak tak bisa menceritakan perjalanan masuk ke univ. Jalan kita sudah berbeda beda, ada yang di pend.dokter, teknik, kimia murni, fisika murni, peternakan, telkom, PGSD dan lainnya. Dan kini saya pun juga masih berjuang buat masuk ke perguruan tingggi yang saya inginkan. Walaupun saya sudah diterima di salah satu perguruan tinggi di Jogja di jurusan Geological Engineering. Tapi masa masa SMA itu tak akan hilang karena sudah menjadi bagian hidupku. Dan sudah patut untuk bilang GOOD BYA SMA, WELCOME UNIVERSITAS :D


Sedikit kisah cintaku yang (akhirnya) gagal

Tulisan hari ini berisi tentang liku liku cintaku kepada pacarku yaitu *sensor*. Yah.... sesuatu yang sempurna itu harus melewati serangkaian cobaan, kegagalan dan pastinya kekalahan.

Kejadian ini bermula saat dia mengetahui kalo si m**t*n sering ngehbungi aku, ya via wechat, whatsapp, twitter, facebook dan lainnya lah. Mbak pacar marah dan akhirnya ngambek nyuekin aku. Tak tanggung tanggung sampai 4 malem brrroooo, 4 hari juga. Aku yang di gituin setress kan, aku balik mmarah ma dia. Keraassss!!!!! Kalo dia sms pun aku balesnya pakai capslock, ya biar tau kalo ak tuh marah dan benci. Tapi apa daya lah semarah marahnya aku gak bisa nutupin kalo aku sayang banget ma dia.
Dan puncaknya kemaren malem, sebelum tidur dia pamit ma aku kalo mau tidur. Aku bales “SERRAAAAAHHHHHHHH” masih pake capslock J J . dan apa akhirnya, dia marah besarr. Tapi itu yang aku inginkan.

Namun, akhir cerita ini ada pada tadi siang sekitar pukul 13.00 WIB, dia minta menyelesaikan masalah. Ya aku oke oke aja. Dah, ga usah tanya tanya gimana cara nyelesain masalahnya. Yang penting sekarang udah fine, cinta lagi ma aku J



Tapi apalah daya kita, sekuat apapun hubungan yang dijalani pasti akan hancur juga.  Hancur dengan berbagai sebab, bisa waktu..kematian..dan lainnya. 

Sabtu, 02 Maret 2013

apa ini cinta?

Seorang cewek memberikan tantangan kepada
cwonya untuk hidup tanpa drinya, untuk tdk ada
komunikasi sama sekali antara mereka selama sehari.. 
Dia berkata pada cwonya, kalo kmu bisa melewati itu,
aku akan mencintai kmu selamanya.. 
Si cwonya pun setuju, dia tdk sms/telpon cwenya
seharian.. 
Tanpa dia ketahui bahwa ceweknya hanya memiliki
24jam untuk hidup, karena dia terkena kanker.. 
Keesookan harinya cwonya pergi krmh ceweknya.
Air matanya pun tiba2 menetes melihat ceweknya
sudah terbaring dgn surat di tangannya yg tertulis

"Kamu Berhasil Sayang, bisakah kamu lakukan itu stiap
hari? I LOVE YOU.. ??" 

Cowoknya hanya mampu menitikkan air mata

 ** PESAN Moral dari Cerita Ini :
Jangan pernah kehilangan komunikasi dengan orang2
yang kita sayangi, karena kita tak akan pernah tahu
apa yang terjadi pada dia.

Jumat, 15 Februari 2013

PTK, Politeknik, dan Akademi yang sudah buka Pendaftaran 2013

SUDAH DI BUKA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU;    

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor;
                                 Gelombang I : 1 Januari - 23 Juni 2013
                                 Gelombang II : 5 Juli - 11 Agustus 2013
TKP(pmb.stpp-bogor.ac.id)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara;
4 - 8 Maret 2013 : Jakarta--Magelang--Surabaya
13 - 17 Maret 2013 : Medan--Denpasar--Bali
1 - 5 Mei 2013 : Balikpapan--Makasar
TKP(www.bin.go.id/stin)

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
Program Unggulan Sekolah : 30 Januari - 20 Maret 2013

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang;
 1 Januari - 30 April 2013
TKP(stpp-malang.ac.id) -> penggumuman


Akademi Kimia Analisis Bogor;
                     Jalur Undangan* : 2 Januari - 12 April 2013

                     Jalur Test : 2 Januari - 4 April 2013
*bagi sekolah di bawah Kementrian Perindustrian dan sekolah yg alumninya berprestasi sebagai mahasiswa AKA Bogor.
TKP(www.aka.ac.id)


STTTekstil : 1. Seleksi Rapot;
              tahap I : TELAH TUTUP PENDAFTARAN
              tahap II : 4 Februari 2013 - 1 Maret 2013 (Pengumuman 11 Maret 2013)

             2. Ujian Saringan Masuk
              tahap I : 2 April 2013 - 8 Mei 2013 (Penggumuman 14 Mei 2013)
              tahap II : 20 Mei 2013 - 28 Juni 2013 (Penggumuman 8 Juli 2013)
TKP(www.stttekstil.ac.id)

Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta :
Jalur PMDK : 1 Februari - 28 Maret 2013 (Pengumuman 5 April 2013)
Jalur Tes Gelombang I : 1 Februari - 28 Maret 2013 (Pengumman 5 April 2013)
Jalur Tes Gelombang II : 1 April - 31 Mei 2013 (Pengumuman 7 Juni 2013)
Jalur Tes Gelombang III : 3 Juni - 19 Juli 2013 (Pengumuman 26 Juli 2013)
TKP(www.atk.ac.id)


UNIVERSITAS PERTAHANAN INDONESIA :
gelombang I : 4 - 22 Februari 2013
gelombang II : 8 - 26 April 2013
TKP(www.idu.ac.id)

STIA-LAN : 1 OKTOBER 2012 - 9 JANUARI 2013;  TKP(www.stialan.ac.id)                             

INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM : JALUR MASUK; TKP(smbbtelkom.ac.id)                                   

1. JPPAN 1 : TELAH TUTUP PENDAFTARAN 


2. USM 1 : TELAH TUTUP PENDAFTARAN


3. UTG 1 : TELAH TUTUP PENDAFTARAN 


4. JPPAN & OSN : 19 OKTOBER - 16 FEBRUARI 2013 (SELEKSI RAPORT) 



5. JPPA U : 19 OKTOBER - 23 MARET 2013 (PELAKSANAAN UJIAN 24 MARET 2013) 



6. USM 2 : 19 OKTOBER - 18 MEI 2013 (PELAKSANAAN UJIAN 19MEI 2013) 



7. UTG 2 : 19 OKTOBER - 29 JUNI 2013 (PELAKSANAAN UJIAN 30 JUNI 2013) 



8. JPPA LKS : 19 OKTOBER - 16 JULI 2013 (PELAKSANAAN UJIAN ---- 2013) 



9. USM 3 : 19 OKTOBER - 17 AGUSTUS 2013 (PELAKSANAAN UJIAN 18 AGUSTUS 2013)



STP BANDUNG: Rencananya akan di buka April s/d Juli 2013         


 copy by : albaitsridho.blogspot.com


 

Kamis, 14 Februari 2013

Pendaftaran AMG 2013

AMG

TAHUN 2013


PROFIL AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA

Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), yang mempersiap- kan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas Badan Meteorologi dan Geofisika sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika.

PROGRAM / JURUSAN

  1. Program Diploma III jurusan Meteorologi,
  2. Program Diploma III jurusan Geofisika dan
  3. Program Diploma III jurusan Instrumentasi.

SISTEM PENDIDIKAN

Berikatan dinas dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, tidak diasramakan. Pendidikan dilaksanakan dalam 6 (enam) semester dengan PraktekKerja di stasiun BMKG di seluruh Indonesia.
  1. Tahun pertama : Kuliah semester I dan II
  2. Tahun kedua : Praktek kerja di stasiun BMKG
  3. Tahun ketiga : Kuliah semester III dan IV
  4. Tahun keempat : Kuliah semester V dan VI

PERSYARATAN CALON TARUNA

  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna.
  2. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2013.
  3. Belum menikah dan tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba sebelum dan selama pendidikan.
  5. Telah lulus dari ( atau saat ini masih duduk di klas III ) SMA / SMU / Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK jurusan Elektro, Elektronika, Telekomunikasi atau Komputer.
  6. Nilai rata-rata Fisika, Matematika dan Bhs. Inggris pada dua semester terakhir SMA/SMU/MA/SMK minimal 70.0 dan tidak ada nilai kurang dari 55.0 pada mata pelajaran tersebut.
  7. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  8. Sanggup bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika selama minimal 5 ( lima ) tahun sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TATACARA PENDAFTARAN



  1. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan di tempat pendaftaran.
  2. Formulir Pendaftaran ditanda-tangani oleh calon, dan dikembalikan ke tempat pendaftaran sebelum masa pendaftaran ditutup. Panitia tidak dapat lagi menerima Formulir Pendaftaran jika masa pendaftaran telah ditutup.
  3. Formulir Pendaftaran dilampiri dengan :
    1. Fotokopi Surat Tanda Kelulusan (STK) yang telah dilegalisir, atau Surat Keterangan yang menyatakan masih duduk di klas XII SMA / SMU / MA / SMK,
    2. Fotokopi Rapor Klas XI semester 2, dan Klas XII semester 1 bagi calon yang thn. 2009 masih duduk di klas XII.
    3. Fotokopi Rapor Klas XII semester 1 dan semester 2 bagi calon yang lulus sebelum tahun 2009.
    4. Resi asli uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) yang disetorkan ke rekening Bendahara AMG pada Bank BNI Cabang Gambir No. Rekening 001.995.1819.
    5. Pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.

TEMPAT PENDAFTARAN DAN LOKASI TEST

  1. Akademi Meteorologi dan Geofisika : Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteorologi Dep Hub, Pondok Betung, Bintaro,Tangerang, 15221. Telp. 021- 73691621 – 23.
  2. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah I : Jl. Ngumban Surbakti No.15 Selayang II, Medan. Telp. 061- 8222877
  3. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah III : Jl. Raya Tuban, , Denpasar. Telp. 0361- 752714.
  4. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah IV, Jl. Racing Centre No.4 Panaikang, Makassar, Telp. 0411-449243
  5. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah V, Jl. Raya Abepura Entrop, Jayapura, Telp. 0967- 34883.
  6. Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Telp. 0711-430274, 430015.
  7. Stasiun Meteorologi Bandara Juanda, Surabaya, Telp. 031-8668989, 8667540.
  8. Stasiun Meteorologi Bandara Supadio, Pontianak, Telp. 0561-721560, 721142.
  9. Stasiun Meteorologi Bandara Cilik Riwut, Palangkaraya, Telp. 22871, 38902.
  10. Stasiun Meteorologi Bandara Juwata, Tarakan, Telp. 0551-21629
  11. Stasiun Meteorologi Bandara Mutiara, Palu, Telp. 0461-48217.
  12. Stasiun Geofisika Winangun, Jl. Harapan Winangun, Manado, 0431-823342.
  13. Stasiun Geofisika Ambon, Jl. AIS Nasution No. 8 Ambon, Telp. 0911-353198, 354931.
  14. Stasiun Meteorologi Bandara Baabullah, Ternate, Telp. 0921-23144.
  15. Stasiun Geofisika Kupang, Jl. Cak Doko No. 70, Kupang, Telp. 0380-821608, 826006.
  16. Stasiun Meteorologi Jefman, Sorong, telp. 0951-327457.
  17. YOGYAKARTA: Stasiun Meteorologi dan Geofisika Yogyakarta, jl. wates km 10 sedayu yogyakarta

JENIS SELEKSI

  1. Seleksi Administrasi berkas pendaftaran .
  2. Seleksi Akademik berupa Test Potensi Akademik bidang studi Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris dan Test Bakat Skolastik bidang kemampuan verbal, kuantitatip dan penalaran.
  3. Seleksi Kesehatan.
  4. Seleksi Wawancara/Psikotest.
Kelulusan calon taruna ditentukan pada setiap tahapan seleksi.

DATA ADMINISTRASI

  1. Bagi calon yang dinyatakan lulus pada seluruh tahapan seleksi, kepada yang bersangkutan diminta untuk mendaftar ulang di AMG dengan menyerahkan berkas administrasi lengkap, yaitu :
    1. Ijazah / STTB asli dan 3 lembar fotokopi yang telah dilegalisir.
    2. Fotokopi akta kelahiran,
    3. Asli Surat keterangan belum menikah dari Kantor Kelurahan setempat,
    4. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),
    5. Surat pernyataan bermaterai yang ditanda-tangani calon dan diketahui orang tua / wali tentang belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan,
    6. Surat pernyataan bermaterai yang ditanda-tangani calon dan diketahui orang tua / wali tentang kesanggupan bekerja di BMG dan sanggup ditempatkan dimana saja dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Apabila ternyata ditemukan data dan atau keterangan yang tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan sebagai calon taruna, maka calon yang bersangkutan dinyatakan gugur.

LAIN-LAIN

  1. Pendaftaran diilaksanakan diperkirakan bulan Mei 2013 sampai dengan Juni 2013.
  2. Seleksi Akademik dilaksanakan diperkirakan bulan pada tanggal 16 Juni 2009 secara serentak di seluruh lokasi test. Peserta test diharuskan melihat detil lokasi test di tempat pendaftaran, atau di web AMG.
  3. Seleksi Kesehatan dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah setempat setelah calon taruna dinyatakan lulus Seleksi Akademik. Biaya Test Kesehatan ditanggung calon taruna dan disetorkan secara langsung ke RSUD tempat Test Kesehatan. Untuk peserta dengan lokasi Test Akademik di AMG Jakarta, Test Kesehatan dilakukan di Poliklinik AMG
  4. Ke Jakarta dengan biaya ditanggung calon taruna.
  5. Seleksi Wawancara / Psikotest dilaksanakan setelah calon taruna dinyatakan lulus Test Kesehatan.
  6. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia SIPENCATAR AMG.
  7. Hasil-hasil Seleksi akan diumumkan di AMG, Kantor Pusat BMKG Jakarta, di tempat pendaftaran, di web AMG dan di web BMKG
  8. Uang pendaftaran dan semua berkas pendaftaran tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun.
  9. Keputusan Panitia Seleksi pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  10. Informasi lebih lengkap bisa di akses di www.amg.ac.id

Pendaftaran STAN 2013

STAN

TAHUN 2013


PROFIL SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Departemen Keuangan. Semua mahasiswa STAN baik DI, , DIII, mendapat tunjangan ikatan dinas. Lulusan STAN langsung disalurkan jadi PNS di lingkungan Depkeu. Kuliah di STAN ringan biayanya karena biaya pendidikan digratiskan, Khusus DIY dan Sekitarnya, pendaftaran dan ujian masuk STAN dipusatkan di YOGYAKARTA.


SPESIALISASI PENDIDIKAN STAN

No. Spesialisasi Program Diploma
1 Kebendaharaan Negara III
2 Kepabeanan dan Cukai I dan III
3 Kepiutanglelangan III
4 Akuntansi Pemerintahan III
5 Penilai ( Pajak Bumi dan Bangunan) III
6 Administrasi Perpajakan III



SYARAT UMUM PENDAFTARAN

  1. Berijazah Sekolah Menengah Umum (SMU)/Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semua Bidang Keahlian, atau yang sederajat tahun 2009, 2010, atau 2011.
  2. Nilai rata-rata “Ujian Tertulis [gabungan antara Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS)]” pada Ijazah (untuk lulusan tahun 2009 dan 2010), pada Ijazah/Ijazah Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU)/Surat Tanda Lulus (STL) (untuk lulusan tahun 2011) tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan. Nilai Bahasa Inggris di STTB tidak kurang dari 7.
  3. Umur berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam Ijazah/Ijazah Sementara/STL/SKHU tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2013
  4. Tidak cacat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    1. Berjenis kelamin laki-laki;
    2. Tinggi badan minimal 165 cm;
    3. Tidak buta warna;
    4. Bagi yang mata minus,maksimal minus 3 dan tidak silindris
    5. Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan lulus tes kesehatan dan kebugaran yang tempat pelaksanaannya akan diumumkan lebih lanjut.
  7. Menyetor biaya ujian saringan masuk sebesar Rp 150.000,00 (seratus ribu rupiah) ke rekening “Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN” di Bank Mandiri Kantor Cabang Jakarta Bintaro Jaya Nomor Rekening 128-00-0554888-5, dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Setoran dapat dilakukan dari semua bank dengan formulir setoran atau formulir transfer atau sejenisnya yang disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dll).
    2. Periode penyetoran diperkirakan bulan juli s.d bulan agustus 2013
    3. Uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun.
    4. Biaya yang ditimbulkan akibat penyetoran uang pendaftaran menjadi tanggungan pendaftar.
    5. Panitia tidak menerima bukti setor kolektif.
    6. Bukti setor harus atas nama calon peserta ujian.

TATACARA PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran diperkirakan bulan Juni 2013 s.d bulan juli 2013
  2. formulir pendaftaran dapat diperoleh di tempat pendaftaran atau di down load melalui situs. www.stan.ac.id atau www.depkeu.go.id atau www.bppk.depkeu.go.id 
  3. Berkas-berkas pendaftaran yang wajib diserahkan terdiri atas:
    1. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.
    2. Asli bukti penyetoran uang ujian saringan masuk dari bank yang dimaksud pada syarat-syarat pendaftaran (lihat huruf B nomor 7) beserta fotokopinya rangkap 2.
    3. 1 (satu) lembar fotokopi Ijazah/Ijazah Sementara/STL/SKHU yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang.
    4. 1 (satu) lembar kartu identitas diri (KTP/SIM)/akta kelahiran/surat kenal lahir.
    5. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  4. Pilihan Program dan Spesialisasi:
    1. Calon peserta ujian harus menentukan pilihan Program dan Spesialisasi berdasarkan urutan prioritas, maksimal sebanyak 3 (tiga) pilihan.tidak boleh sama.
    2. Penentuan spesialisasi bagi calon peserta yang lulus didasarkan pada pilihan peserta seperti di atas. Dalam hal program dan spesialisasi yang dipilih sudah penuh, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN dapat mengalokasikan peserta yang lulus selebihnya ke program dan spesialisasi yang masih memerlukan.
  5. Pendaftar wajib menyerahkan sendiri berkas pendaftaran di lokasi sesuai dengan lokasi ujian yang ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN, pada tanggal yang telah diberikan ketika melakukan pendaftaran secara elektronik (e-registrasi).Penyerahan berkas pendaftaran hanya akan dilayani pada tanggal yang telah dijadwalkan.

WAKTU, MATERI TES DAN TEMPAT PENDAFTARAN STAN

Waktu Pendaftaran : perkiraan bulan juli 2013 sampai dengan bulan Agustus 2011 Tes  bulan Agustus/september 2012
Tempat Pendaftaran : Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya dipusatkan di Yogya di Balai Diklat Keuangan III, Jl Raya Solo Km 11 Kalasan Yogyakarta Telp. 0274 – 496219
Materi Soal Test : Tes Potensi Akademik, Bhs Inggris


PROSPEK LULUSAN STAN

Lulusan STAN dapat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan IIIA pada BPS dilingkungan Departemen Keuangan seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/Kota. Info lebih lengkap bisa di akses di www.stan.ac.id.

Nb). itu pun jika STAN tahun 2013 membuka PMB